ERHA Ultimate - Klinik Spesialis Kulit & Rambut
30 September 2022 - Kecantikan

Mengembalikan Kondisi Tubuh Setelah Melahirkan, Begini Caranya!

Selama kehamilan dan setelah melahirkan, banyak ibu khawatir dengan bentuk tubuh mereka yang berubah drastis. Ini adalah hal wajar yang tidak perlu dirisaukan. Mengembalikan kondisi tubuh setelah melahirkan sebenarnya tidak sulit. Diperlukan kedisiplinan dan penggunaan cara yang sehat agar tidak mengganggu kesehatan Anda dan juga si kecil. Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter.

article11-1  
(Source : RODNAE Productions on Pexels)

Lakukan pola makan yang sehat

Kunci penting menurunkan berat badan adalah melakukan pola makan yang sehat. Sempatkan diri untuk sarapan di pagi hari dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti oat, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Karbohidrat kompleks seperti pasta, nasi merah, atau roti gandum utuh juga baik untuk dikonsumsi. Jangan lupakan juga sumber protein rendah lemak seperti dada ayam rebus.

Menu yang sebaiknya dihindari adalah camilan kemasan yang mengandung bahan kimia tambahan. Gantilah camilan di sela-sela makan besar dengan buah atau kacang-kacangan. Batasi pula konsumsi makanan berkalori tinggi dan berlemak seperti kue-kuean, makanan cepat saji, minuman bersoda, dan manis-manisan.

Selama masa menyusui, idealnya Anda akan butuh banyak kalori dari makanan yang dapat mendorong produksi ASI. Sebaiknya, hindari membatasi jumlah makanan hanya karena khawatir berat badan akan bertambah. Cukup pastikan bahwa semua yang Anda konsumsi kaya akan nutrisi, menyehatkan, serta baik bagi kesehatan Anda dan si kecil.

Biasakan untuk berolahraga

Olahraga tentu menjadi salah satu cara terbaik untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah melahirkan. Menyusui si kecil dapat membakar kalori setara dengan satu kali sesi olahraga. Tidak hanya bisa membuang sisa lemak, tubuh Anda juga akan menghasilkan hormon oksitosin yang akan membantu menurunkan berat badan tanpa disadari.

Di samping itu, hindari melakukan diet yang tidak benar selama masa menyusui. Anda hanya akan makin kelelahan apabila tidak makan dengan baik. Racun yang tersimpan dalam lemak tubuh akan dilepaskan ke aliran darah hingga memengaruhi produksi ASI. Sebagai gantinya, pilihlah beberapa aktivitas ringan yang membuat Anda lebih banyak bergerak.

Jika Anda tidak menyusui si kecil, masih ada banyak alternatif olahraga yang bisa dilakukan. Anda bahkan bisa memanfaatkan stroller alias kereta dorong bayi untuk berolahraga. Bisa juga dengan melakukan latihan pinggul, pantat, serta daerah pinggang. Lakukan latihan ini dengan cara memangku bayi atau berbaring ditempat tidur. Contoh lainnya adalah yoga, menari, atau senam aerobik.

Cukupi kebutuhan tidur

Bayi yang baru lahir menuntut banyak perhatian, sehingga ibu yang baru pulih setelah melahirkan harus merawat bayinya dengan baik dan cermat. Hal ini bisa membuat para ibu stres, yang justru memperlambat penurunan berat badan. Stres biasanya dapat meningkatkan nafsu makan serta membuat Anda kehilangan semangat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Hormon kortisol yang menghambat tubuh membakar lemak juga bisa dipicu oleh stres. Untuk menghindarinya, pastikan ibu yang baru melahirkan memiliki tidur yang cukup. Kondisi tubuh setelah melahirkan yang kurang istirahat dapat memicu terjadinya resistensi insulin, yaitu kondisi di mana kemampuan sel-sel tubuh menyerap gula dari darah menurun. Lemak akan menumpuk sehingga berat badan akan turun dengan lambat.

Bila Anda sulit tidur karena si kecil sering bangun di malam hari, Anda bisa gunakan waktu tidur si kecil pada siang hari untuk tidur juga.

article11-2  
(Source : ERHA Ultimate Make Over)

Ikuti Body Goals Program dari ERHA Ultimate Make Over!

Bagi para ibu yang tidak punya banyak waktu untuk berolahraga, Anda bisa mengikuti Body Goals Program dari ERHA Ultimate Make Over untuk membantu mendapatkan bentuk tubuh ideal serta tekstur kulit yang sempurna. Program ini dikerjakan langsung oleh expert dermatologist dan didukung dengan teknologi modern untuk berbagai high-end treatment yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan konsumen. Anda akan bisa mengembalikan kepercayaan diri Anda dengan memiliki tubuh yang fit seperti sedia kala.

Menyadari perubahan bentuk tubuh pasca melahirkan bisa membuat banyak ibu menjadi rendah diri. Padahal, itu bisa menjadi tanda bahwa semua asupan gizi yang dibutuhkan ibu terpenuhi selama masa kehamilan, dan bayi yang dilahirkan adalah bayi yang sehat dan kuat. Meski begitu, keinginan untuk tampil menarik tentu tak bisa disalahkan. Maka dari itu, ERHA Ultimate Make Over hadir dengan program barunya untuk membantu Anda mendapatkan penampilan terbaik sesuai dengan keinginan.

Body Goals Program dari ERHA Ultimate Make Over ini cocok untuk membantu Anda yang memiliki kekhawatiran akan bentuk tubuh dan tekstur kulit di area tubuh, terutama untuk para ibu baru yang ingin mengembalikan kondisi tubuh setelah melahirkan. Cek informasi lengkap seputar Body Goals Program disini dan booking treatment terbaik untuk kebutuhan kulit dan tubuh Anda sekarang juga!